Penyakit Asam Urat atau Gout, Penanganan dan Permasalahannya

Penyakit gout sering kali kita kenal dengan sebutan penyakit asam urat. Penyakit ini memiliki tanda-tanda yang mirip dengan penyakit arhritis, yaitu nyeri sendi terutama pada bagian jempol kaki dan akan terus merambat pada persendian kaki. Penyakit Gout diakibatkan oleh adanya gangguan metabolisme pada purin. Gangguan yang terjadi pada metabolisme purin menyebabkan penimbunan sodium orat di dalam dan di antara persendian

Penyakit gout ditandai dengan tingginya kadar asam urat dalam darah (hyperuricemia).Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5 – 7 mg/dl sedangkan pada perempuan 2,6 – 6 mg/dl.

Dalam satu hari orang normal akan membuang 700 miligram asam urat melalui ginjal.Sisa cadangan asam urat sebanyak  lebih kurang 1000 miligram tersimpan dalam cairan tubuh.

Pada penderita gout produksi asam urat akan berlebih,sehingga terjadi peningkatan cadangan sebanyak 3 – 15 kali dibandingkan orang normal.Kelebihan cadangan ini akan menumpuk pada persendian yang menyebabkan penyakit asam urat.

Penyakit gout lebih banyak diderita kaum pria dibandingkan wanita.Hal ini dikarenakan,wanita mempunyai hormon estrogen yang ikut membantu pembuangan asam urat melalui urin.Namun begitu bukan berarti wanita tidak bisa terkena penyakit gout.Kaum wanita dapat terkena asam urat jika sudah tidak menghasilkan hormon estrogen yakni pada saat usia menopouse.

Beberapa fa faktor yang dapat memicu timbulnya penyakit gout ini. Yang pertama adalah faktor genetik atau keturunan. Jika orang tua anda memiliki penyakit gout, sebesar 20% kemungkinan anda juga akan terkena penyakit yang sama. Faktor yang lain adalah tentu saja adalah pola makan dan gaya hidup. Mengkonsumsi makanan yang berkadar tinggi purin seperti jeroan akan meningkatkan risiko gout.
Serangan gout sebelum umur 30 atau pada wanita pra-menopause bisa mengindikasikan cacat enzim warisan, penyakit ginjal berat atau keracunan obat atau toksin, seperti etanol atau timbal.

Beberapa Tahap Penyakit Gout atau Asam Urat.

  • Tahap 1: Hiperurikemia Asimtomatik Kadar asam urat di tubuh Anda tinggi, tetapi tidak menimbulkan gejala. Sebagian besar orang dalam tahap ini menyadari kondisi mereka setelah melakukan tes darah yang mengukur jumlah asam urat yang terkandung dalam sistem peredaran darah. Perawatan biasanya tidak diperlukan pada tahap ini. Kebanyakan pasien memiliki kadar asam urat tinggi selama bertahun-tahun sebelum serangan pertama mereka. Risiko serangan meningkat dengan meningkatnya kadar asam urat. Pengobatan yang tepat dalam tahap ini adalah berupaya mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.
  • Tahap 2: Serangan gout akut Hiperurikemia berkelanjutan menyebabkan penumpukan kristal natrium urat di persendian. Kristal ini kemudian merangsang pelepasan berbagai mediator inflamasi yang menimbulkan serangan akut. Pasien biasanya terbangun di malam hari karena rasa sakit dan pembengkakan sendi. Gejala gout tahap ini meliputi nyeri dan peradangan, sendi yang terkena menjadi panas dan lembek bila disentuh, terlihat kemerahan atau memar, terasa gatal dan mengelupas setelah sakitnya mereda. Tingkat keparahan rasa sakit bervariasi dari kedutan ringan sampai nyeri hebat sehingga sendi tidak bisa disentuh. Gejala sistemik seperti demam, menggigil, dan malaise, mungkin juga terjadi dan merupakan hasil dari beberapa mediator inflamasi yang bocor ke sirkulasi vena. Rasa sakit akan menghilang dalam 3-10 hari, bahkan bila tanpa pengobatan.
  • Tahap 3: Interval kritis Ini adalah tahap setelah episode gout yang bebas gejala. Pada kebanyakan orang, tahap ini berlangsung dari enam bulan sampai dua tahun setelah serangan pertama gout. Pada yang lainnya, kondisi tanpa gejala ini dapat berlangsung 5 – 10 tahun. (Sekitar 66% pasien akan mengalami serangan kedua dalam satu tahun). Tahap inni adalah waktu ideal untuk mencegah serangan di masa depan. Gout secara klinis tidak aktif tetapi masih ada dan penyakit itu terus berkembang jika asam urat tidak dikendalikan. Semakin besar kadar asam urat, semakin pendek interval untuk serangan berikutnya.
  • Tahap 4: Gout tingkat lanjut Pada tahap akhir gout ini, gejala dan efeknya menetap. Sejumlah besar asam urat telah mengkristal menjadi deposit di tulang rawan serta tendon dan jaringan lunak, dan bahkan pada selaput antar tulang. Pasien sering mengalami berbagai gejala, seperti kekakuan sendi, keterbatasan gerakan sendi, nyeri sendi terus-menerus, luka dengan nanah putih di daerah yang terkena, nyeri sendi simultan pada berbagai bagian tubuh, dan fungsi ginjal memburuk. Pasien gout memiliki kecenderungan untuk mendapatkan batu ginjal lebih sering daripada yang lain. Tahap ini juga disebut tahap tofus. Tofus (jamak: tofi) adalah massa kristal urat yang disimpan dalam jaringan lunak, yang dapat menghancurkan jaringan lunak dan persendian.Tofus paling sering berkembang di siku, lutut, jari kaki, tendon Achilles, dan, lebih jarang, di daun telinga.

Penyebab

Penyakit gout dapat menyerang siapa saja baik golongan ekonomi menengah ke atas hingga ekonomi bawah.Faktor utama penyebabnya adalah karena mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar purin tinggi.

Salah satu bahan makanan yang mengandung kadar purin tinggi adalah jeroan (dari hewan sapi,kambing,kerbau).

Faktor lain yang menjadi pemicu timbulnya penyakit gout adalah :

  • Gaya hidup yang tidak seimbang antara waktu istirahat dengan aktivitas
  • Kurang olahraga
  • Pola makan yang tidak sehat
  • Mengkonsumsi alkohol
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar purin tinggi.

Gejala Penyakit Asam Urat

Gejala umum yang sering dirasakan pada penderita gout antara lain : pegal-pegal,nyeri pada sendi,rasa linu pada kaki dan tangan kiri.Jika linu telah menyerang tangan kiri biasanya akan menjalar ke bahu hingga leher.Nyeri hebat akan dirasakan penderita gout kala malam hari.

Jika tidak segera ditangani,maka keadaan akan bertambah parah.Sendi akan membengkak dan kulit di atas sendi yang terkena akan menimbulkan nyeri yang luar biasa.Gejala lain yang timbul pada gout akut adalah demam,menggigil,perasaan tidak enak badan dan denyut jantung cepat.

Pola Makan

Para penderita gout dianjurkan untuk melakukan diet purin.Diet ini dimaksudkan untuk menjaga supaya jaringan sendi dapat berfungsi dengan baik.Dalam diet ini disarankan untuk menkonsumsi karbohidrat sedikit tinggi,rendah lemak dan protein secukupnya.Asupan protein perlu dibatasi karena dapat merangsang biosintesis asam urat dalam tubuh.

Penderita gout dianjurkan untuk banyak megkonsumsi cairan terutama air putih dan jus buah untuk membantu pembuangan asam urat melalui urin dan keringat.Lin daripada itu perlu diperhatikan paduan memilih bahan makanan sebagai rambu-rambu bagi penderita gout untuk menjaga kondisi tetap stabil.

Pencegahan Penyakit Asam Urat

Penyakit gout dapat dicegah secara dini dengan cara :

  • Perbanyak minum air putih karena dapat membantu pembuangan asam urat melalui urin dan keringat
  • Konsumsilah air putih sebanyak 2,5 liter per hari
  • Hindari makanan dengan kandungan purin tinggi diantaranya jeroan
  • Melakukan olahraga secara rutin
  • Menghindari makanan yang diawetkan
  • Menghindari makanan siap saji
  • Terapkan pola makan sehat
  • Hindari minuman beralkohol.
Supported by
Pain Management Clinic (Klinik Khusus Penanganan Nyeri)GRoW UP CLINIC JAKARTA Yudhasmara Foundation GRoW UP CLINIC I Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat 10210, phone (021) 5703646 – 44466102 GRoW UP CLINIC II MENTENG SQUARE Jl Matraman 30 Jakarta Pusat 10430, Phone (021) 44466103 – 97730777email : judarwanto@gmail.com   http://growupclinic.com http://www.facebook.com/GrowUpClinic Creating-hashtag-on-twitter@growupclinic
“GRoW UP CLINIC” Jakarta Focus and Interest on: *** Allergy Clinic Online *** Picky Eaters and Growup Clinic For Children, Teen and Adult (Klinik Khusus Gangguan Sulit Makan dan Gangguan Kenaikkan Berat Badan)*** Children Foot Clinic *** Physical Medicine and Rehabilitation Clinic *** Oral Motor Disorders and Speech Clinic *** Children Sleep Clinic *** Pain Management Clinic Jakarta *** Autism Clinic *** Children Behaviour Clinic *** Motoric & Sensory Processing Disorders Clinic *** NICU – Premature Follow up Clinic *** Lactation and Breastfeeding Clinic *** Swimming Spa Baby & Medicine Massage Therapy For Baby, Children and Teen ***
Professional Healthcare Provider “GRoW UP CLINIC” Dr Narulita Dewi SpKFR, Physical Medicine & Rehabilitation curriculum vitae HP 085777227790 PIN BB 235CF967  Clinical – Editor in Chief : Dr Widodo Judarwanto, Pediatrician email : judarwanto@gmail.com Mobile Phone O8567805533 PIN BB 25AF7035 curriculum vitae   Creating-hashtag-on-twitter: @WidoJudarwanto   www.facebook.com/widodo.judarwanto

We are guilty of many errors and many faults. But our worst crime is abandoning the children, neglecting the fountain of life.

Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider
Copyright © 2013, Pain Management Clinic Information Education Network. All rights reserved
About these ads

2 gagasan untuk “Penyakit Asam Urat atau Gout, Penanganan dan Permasalahannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s